heterotrigona_itama

11 November 2015

Propolis Lebah Trigona

propolis

Selain menghasilkan madu, lebah trigona menghasilkan propolis. Propolis terbentuk dari bahan resin yang diambil lebah dari pohon yang mengandungi getah. Lebah Trigona kemudian memprosesnya sehingga membentuk propolis, bahan yang berwarna hitam, kuning atau coklat tua di sarang lebah Trigona. Proplis ini diproduksi oleh lebah Trigona dalam jumlah yang banyak bila dibandingkan dengan ukuran sarang dan madu nya. Bahan baku Propolis dari lebah ini juga mudah untuk dipanen. Bisa dipanen kapan saja dan dipanen ketika panen madu. Kandungan propolis dari bagian luar disekitar koloni lebah berwarna hitam dan keras, sedangkan bagian bahan propolis pembungkus madu berwarna coklat kehitaman dan lunak. Ketika Madu diproduksi banyak oleh si Lebah, maka bahan baku propolis dari tempat madu diproduksi lebih banyak dibandingkan dengan propolis luar, begitu sebaliknya. Kandungan propolis dari bagian luar lebih tinggi sekitar 67% dibandingkan kandungan propolis pembungkus madu. Propolis yang dihasilkan lebah ini rata-rata 2 kg/tahun untuk setiap koloni (tergantung spesiesnya).

Kandungan Propolis :
1. Resin yang mengandung senyawa flavonoid, asam, dan ester fenol (45 – 55%).
2. Minyak volatil (10%).
3. Lilin lebah dan plant origin (25 – 35 %).
4. Polen yang terdiri dari protein (16 asam amino bebas > 1%), arginine danproline berjumlah 46% dari total(5%).
5. 14 mineral mikro (Fe dan Zn yang terbanyak), steroid, keton, lacton, quinon, asam benzoat, vitamin, dan karbohidrat (5%).

Khasiat Propolis :
1. Antibiotik alami.
2. Antioksidan.
3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
4. Antibakteri.
5. Antifungal.
6. Antivirus.
7. Antiseptik.
8. Immunostimulan.
9. Antitoksin.
10. Berperan sebagai anestetik.
11. Memperkuat dan mempercepat regenerasi sel.
12. Dll.

Dengan khasiat-khasiat ini, propolis dimanfaatkan diantaranya dalam bidang kesehatan, kecantikan, terapi penyakit, pengawet, dan lain-lain.

Hasil Uji Ilmiah Propolis Lebah Trigona
• Propolis lebah Trigona berfungsi sebagai antibakteria 1.5 – 2 kali lebih efektif dibanding propolis lebah Apis. Dalam propolis mempunyai berberapa bahan aktif seperti flavonoid, fenolik hidroquinon, tannin, triterpenoid dan gula produksi – Ir. H. AE Zainal Hasan MSi, Jurusan Biokimia IPB, Bogor.

• Propolis lebah Trigona dengan konsentrasi 8.2% mampu menghambat pertumbuhan 4 jenis bakteria yaitu Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa – Ir. H. AE Zainal Hasan MSi, Jurusan Biokimia IPB, Bogor.

• Propolis lebah Trigona dibuat obat kumur dan diberikan kepada 92 pasein yang menderita radang gusi, hasilnya 87% pesakit sembuh – Dr Sherley Horax, Fakultas Kedoktoran Gigi, Universitas Hasanuddin, Makassar.

• “Propolis lebah Trigona dapat berfungsi sebagai antijamur, antibakteria dan antiradang yang biasanya digunakan sebagai bahan aktif dalam kosmetik, krim dan tablet.” – Keratan Akhbar Utusan Malaysia, Pegawai Penyelidik, Pusat Penyelidikan Strategik MARDI, Mohd Fahimee Jaafar

• Propolis lebah Trigona mampu mengobati bisul dan mencuci ginjal serta efektif untuk mencegah berkembangnya sel kanker –Hamdan Sipon, Pembantu Penyelidik MARDI Sedang. Rujuk keratan akhbar Mingguan Malaysia 17 Ogos 2008.





 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...