heterotrigona_itama

12 Maret 2016

Keanekaragaman Pintu Masuk (Entrance) pada Sarang Stingless Bee

lebah kelulut

Bentuk pintu sarang tempat masuk lebah trigona (entrance) antara satu spesies dengan spesies lainnya memiliki keragaman bentuk, biasanya memiliki perbedaan yang secara kasat mata bisa kita bedakan dengan seksama.

Ada beberapa jenis lebah trigona yang memiliki kebiasaan membangun pintu masuknya dengan arsitektur yang unik, menyerupai lorong yang cukup panjang dan melebar pada permukaan pintu sehingga menyerupai corong, ada yang menyerupai selang air, yang sebaliknya, mengecil pada bagian permukaannya. Perbedaan pintu masuk juga dapat dilihat pada tipis-tebalnya dinding pintu masuk.

entrance

Perbedaan tersebut dapat dilihat pada beberapa foto hasil penelusuran kami dibawah ini. Namun sebagian lebah trigona ada juga yang asal-asalan dalam membuat pintu masuk di sarangnya, bahkan ada yang sama sekali tidak membuatnya atau hanya mengandalkan lubang yang ada sebagai pintu keluar-masuknya koloni, lubang masuk hanya diolesi propolis sebagai perlindungan terhadap sarang dan koloni.

Keanekaragaman tersebut tentunya hal yang cukup menarik untuk diteliti lebih lanjut dan mendalam, setidaknya mengarah pada sebuah hipotesa apakah keanekaragaman bentuk pintu masuk ke sarang berhubungan dengan keanekaragaman spesies lebah trigona?

Lebah trigona memang jenis lebah yang memiliki kebiasaan unik dalam membangun pintu masuk ke sarangnya, lebah pekerja akan menggunakan beragam material alam sebagai bahan pembuatannya, seperti beragam getah, resin, daun kering, tanah, pasir dan bubuk kulit kayu. Hal ini tidak ditemui pada lebah jenis apis.



 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...