heterotrigona_itama

20 Maret 2016

Strata Organisasi Koloni Lebah Trigona

koloni_lebah

Koloni lebah merupakan kumpulan lebah yang didalamnya terdapat tiga golongan, yaitu:

a. Lebah Ratu (Queen)
Lebah ratu dapat hidup ± 4 tahun, berpenampilan menyolok dan berbeda dari lebah pekerja karena berukuran dua kali lebih panjang serta 2,8 kali bobot lebah pekerja. Lebah ratu berfungsi sebagai penghasil telur dan juga sebagai penghasil senyawa kimia feromon, yaitu bahan pemersatu koloni dalam satu unit terorganisasi. Feromon merupakan senyawa kimia sebagai alat komunikasi lebah madu yang membawa informasi-informasi tentang apa yang harus dilakukan, atau tingkah laku apa yang harus diperhatikan oleh anggota-anggota koloni sesuai dengan keadaan yang sedang ataupun akan dihadapi. Setiap lebah ratu menghasilkan senyawa kimia yang berbeda-beda sehingga hal tersebut digunakan sebagai tanda pengenal pada masing-masing koloni. Lebah pekerja maupun pejantan tidak mungkin tersesat atau masuk koloni yang berbeda oleh karena memiliki tanda pengenal yang berbeda.

Lebah ratu memilih lebah jantan untuk mengawininya, perkawinan berlangsung saat terbang di udara terbuka. Seusai kawin, keduanya jatuh ke tanah. Lebah jantan mati karena kantong sperma terpisah dan tertinggal dalam kantong sperma ratu (spermatheca) sebagai tempat penyimpan sperma lebah jantan hasil perkawinan. Jika spermatheca belum banyak memiliki spermatozoa, maka kelangsungan perkawinan lebah ratu melibatkan 30 ekor lebah jantan. Ovarium lebah ratu jenis Trigona berkembang cukup sempurna sehingga mampu bertelur 500 sampai 1.000 butir telur sehari. Untuk menampung ovarium, perut lebah ratu membesar. Lebah ratu kembali ke sarang dan mulai bertelur 2-3 hari pasca perkawinan, serta berhenti bertelur sampai habis simpanan sperma yang tersedia.

Tugas utama lebah ratu hanya bertelur terus-menerus agar bisa terjadi regenerasi keturunan, dengan lahirnya lebah-lebah baru. Telur lebah ratu akan menjadi lebah pekerja, lebah jantan dan calon lebah ratu. Musim kawin lebah madu terjadi pada bulan Mei, Juni dan Juli setiap tahun.

strata_lebah

b. Lebah Jantan (Drone)
Lebah jantan tidak bekerja, lebah jantan bertugas mengawini ratu perawan atau calon lebah ratu (virgin queen) dengan lama hidup sekitar tiga bulan. Mata dan sayapnya lebih besar dari lebah pekerja. Warna kehitaman dengan dengungan suara agak keras. Kakinya tidak berkeranjang pollen untuk menyimpan tepung sari bunga, dan tidak berselang pipa penghisap madu di bibir, tidak berkelenjar malam (wax glands), ekor tidak bersengat serta bersifat tenang. Tugas utama lebah jantan justru menjaga sarang dan membersihkan sarang dari kotoran. Kadang-kadang terbang sebentar kala cuaca cerah. Untuk makan, lebah jantan lazim disuapi lebah pekerja. Sayangnya, saat musim paceklik tiba, sebagian lebah jantan dibinasakan dan dikeluarkan oleh lebah-lebah pekerja dari sarang.

c. Lebah Pekerja (Worker Bees)
Adalah lebah dengn kelamin betina tidak sempurna, tidak bertelur seperti ratu. Tubuhnya lebih kecil dari lebah jantan berwarna kecocklat-coklatan, sifatnya agresif, disiplin dan bertanggung jawab. Tugas lebah pekerja paling berat yaitu memberi makan lebah ratu dan larva, membuat sarang, mencari nektar dan tepung sari, memproses dan menyimpan madu, mencari air dll. Umur lebah pekerja ± 70 hari/10 minggu.

Pembagian tugas lebah pekerja, adalah sebagai berikut:
1) Lebah pekerja dewasa yaitu mencari makan untuk seluruh penghuni sarang (induk, jantan, calon lebah mulai dari larva, kepompong, dsb.
2) Lebah pekerja agak dewasa Bertugas menjaga didalam atau diluar sarang dari segala gangguan.
3) Lebah pekerja muda Bertugas sebagai perawat, penghubung dan kebersihan dalam sarang serta sekaligus membangun sarang. Sarang lebah adalah selsel yang terbentuk dari propolis yang berasal dari tumbuhtumbuhan. Sarang lebah digunakan untuk meletakkan madu. tepungsari dan tempayak (larva). Tidak semua lebah bertanggung jawab atas pembangunan sarang, yaitu lebahlebah karyawan yang masih kuat berumur 12 - 17 hari dengan kelenjar malamnya masih sangat produktif.





 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...