heterotrigona_itama

30 Mei 2016

Mengapa Madu Trigona Lebih Mahal ?

madu

Pada umumnya konsumen meyakini bahwa madu trigona mempunyai kualitas yang lebih baik, terutama fruktosa dan glukosanya dibanding madu lebah lain. Alasan kedua adalah jumlah produksinya masih sangat sedikit, baik secara keseluruhan maupun per koloni. Sebagai bandingan, madu dari jenis Apis mellifera mampu menghasilkan sekitar 10 kilogram madu per koloni tiap tahun, sementara Apis trigona hanya 1-2 kilogram per koloni tiap tahun. Bagi mereka yang belum mahir membedakan madu trigona dan madu apis, memang sulit membedakannya. Baik mengenai warna atau kekentalannya, namun mengenai rasa madu trigona memiliki rasa khas agak masam. Bahkan, juga sulit membedakan ” madu gula” dengan “madu asli”. Madu gula adalah madu lebah yang dihasilkan karena diberi makan gula/tetes, sedangkan madu asli dihasilkan oleh lebah yang mencari makan pada jenis bunga-bunga dan tetumbuhan.

Di pasaran konsumen juga sering menemukan madu kopi, madu karet, madu lengkeng, madu rambutan, atau madu mixflower atau multiflora, dan sebagainya. Perbedaan itu berdasarkan jenis bunga yang diisap lebah, dan masing-masing jenis memiliki kelebihan maupun kekurangannya. Mahal-murahnya harga tidak selalu berhubungan dengan khasiatnya, tetapi lebih sering ditentukan oleh hukum permintaan dan penawaran. Bahwa madu mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan manusia. Madu merupakan hasil yang paling maksimal dan bagus yang dikumpulkan dari lebah pekerja penghasil madu. Madu trigona merupakan madu yang paling istimewa diantara banyak madu-madu lainnya. Madu trigona ini masih sulit di dapat karena masih sangat sedikit yang membudidayakan, dan mencarinya hanya di tengah hutan belantara. Maka harganya lebih mahak dari harga madu lain.

Madu trigona atau lanceng ini tersusun dari beberapa molekul gula, mineral, vitamin, protein dan asam amino. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi, diabetes, antikanker, mencerdaskan daya pikir dan lain sebagainya. Dengan rutin minum madu trigona, badan sehat dan awet muda.

Berikut adalah kandungan vitamin dan mineral madu trigona :
  • Vitamin :Thiamin (B1), Riboflavin (B2), (B3), Asam Askorbat (C), (B5), Piridoksin (B6), Niasin, Asam pantotenat, Biotin, Asamfolat dan Vitamin K.
  • Mineral :Natrium (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Alumunium (Al), Besi (Fe), Fosfor dan Kalium (K), Potassium, Sodium Klorin, Sulfur.
  • Enzim-Enzim Utama :Diatase, invertase, glukosa oksidase, fruktosa, peroksidase, lipase Dan juga mengadung sejumlah kecil hormon, tembaga, iodium dan zinc dengan kesimpulan hampir semua mengandung yang di butuhkan oleh tubuh kita. Menyatu dengan aliran darah hanya butuh waktu 7 menit.




 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...