heterotrigona_itama

10 Mei 2016

Tetragonula Carbonaria

Tetragonula_carbonaria

Tetragonula carbonaria sering dikenal dengan nama Trigona carbonaria adalah salah satu jenis lebah tak bersengat (stingless bee), endemik pantai utara-timur Australia. Nama umum nya adalah lebah Sugarbag. Lebah ini dikenal suka melakukan penyerbukan pada spesies anggrek, seperti Dendrobium lichenastrum , D. toressae, dan D. speciosum. Telah diidentifikasi sebagai serangga yang mengumpulkan serbuk sari dari tanaman sikas. Mereka juga dikenal memiliki ukuran tubuh yang kecil, dan struktur sosial yang sangat maju dibandingkan dengan lebah madu.

Klasifikasi Ilmiah
  • Kingdom: Animalia
  • Phylum: Arthropoda
  • Class: Insecta
  • Order: Hymenoptera
  • Superfamily: Apoidea
  • Family: Apidae
  • Subfamily: Apinae
  • Tribe: Meliponini
  • Genus: Tetragonula
  • Species: T. carbonaria
Tetragonula adalah genus terbesar dari lebah tak bersengat, dengan T. carbonaria menjadi salah satu dari sekitar 150 spesies dalam genus ini. Ada perbedaan struktural di tingkat spesies dari genus Tetragonula. T. carbonaria hampir identik dengan T. hockingsi, selain beberapa perbedaan dalam arsitektur bentuk sarang keduanya.

Tetragonula carbonaria

Lebah tak bersengat jenis Tetragonula carbonaria terbang meninggalkan sekuntum bunga dengan kaki penuh dengan gumpalan pollen

Dibandingkan dengan lebah stingless lainnya, ukurang tubuh T. carbonaria cenderung sedang. Namun, ukuran lebah ini dapat bervariasi berdasarkan lokasi. Misalnya, T. carbonaria dari Queensland dapat sekecil T. mellipes, tapi di New South Wales, lebah ini bisa dijumpai sebesar T. hockingsi. Tampilan T. carbonaria semua didominasi bentuk tubuh hitam, ditutupi rambut mikroskopis. Para lebah pekerja dewasa dan lebah jantan semua hitam, dengan beberapa warna kecoklatan di daerah-daerah tertentu seperti tampak pada kaki. Panjang tubuh pekerja adalah 3,9-4,3 mm, dan panjang sayap (termasuk Tegula) adalah 4,1-4,6 mm. Drone laki-laki memiliki tubuh yang hampir sama dengan panjang sayap.

Koloni T. carbonaria cenderung aktif sepanjang tahun. Periode aktivitas lebih panjang di bulan-bulan hangat (Oktober sampai Maret ) dibandingkan dengan bulan-bulan dingin (April-September). [2] Intensitas ini penerbangan harian terbesar pada bulan September, dan paling intens Mei . Ada ambang temperatur pada semua kegiatan ini. Penerbangan hanya bisa terjadi pada suhu lebih besar dari 18 ° C. Periode aktivitas yang lama ini bermanfaat untuk penyerbukan tanaman berbunga setiap saat sepanjang tahun oleh T. carbonaria.




 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...