heterotrigona_itama

21 Desember 2016

Tips Agar Kelulut Mau Naik Ke Kotak Topping

kotak_koloni

Saat pemasangan kotak topping terkadang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Pertama kali kotak topping dipasang di atas log terkadang kelulut tidak mau naik tapi malah menutup lubang yang menghubungkan log dan topping, kita lubangi lagi dengan mengambil propolis yang digunakan lebah untuk menutup lubang, ditutup lagi, dilubangi ditutup lagi, he he he... jangan jengkel dong.

Saya mengalami hal seperti ini, langsung saya menanyakan ke teman-teman di komunitas peternak kelulut. Abang Ninoeschan Jungle (Noes) dari Riau banyak memberi penjelasan seputar ternak kelulut. Berikut adalah tips dari beliau masalah kelulut yang tidak mau naik ke topping.

Jika lubang topping ditutup, coba lubangi lagi dengan menggunakan paku atau obeng kemudian disekitar lubang dikasih pollen (roti lebah) sebagai pemancing. Jika lubang ditutup lagi oleh lebah, ulangi lagi hal seperti tadi.

propolis trigona

Satu lagi yang bisa dicoba adalah dengan memaksa lebah pekerja naik ke atas. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Buang propolis yang menutupi lubang topping di bagian atas dan tutup kembali dengan rapi
  • Pada waktu malam (dalam jam 8.00 pm), tutup corong dengan rapi agar kelulut tidak dapat keluar masuk
  • Pada awal pagi, siang dan sore keesokkan nya, ketuk log kayu (daerah induk sel) perlahan-lahan untuk memaksa lebah pekerja keluar dan berkumpul di dalam topping
  • Pada hari berikutnya, buka corong keluar masuk yang ditutup tadi.
  • Jika tidak berhasil, ulang proses yang sama. Pada kali tutup moncong selama dua hari sebelum dibuka kembali Satu lagi langkah yang dapat dilakukan oleh petani adalah dengan menembus topping untuk menjadi jalan keluar masuk baru dan seterusnya tutup corong asli. Ini akan memaksa naik ke atas log dan seterusnya membuat madu.





 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...