heterotrigona_itama

24 Januari 2017

3 Bentuk Propolis Yang Ada di Ladang Kami

T.laeviceps

Umumnya ada tiga bentuk bangunan propolis yang yang dibangun oleh lebah trigona didalam kotak topping, yakni bentuk tangkai anggur, roti kopi, dan ros hitam. Banyak faktor yang menjadikan naluri trigona memilih bentuk-bentuk bangunan propolis tersebut. Di ladang mini saya ternyata bentuk ketiganya muncul di beberapa stup yang ada, pada stup nomor 10 terbentuk model bangunan propolis di kotak topping menyerupai tangkai anggur, pada stup nomor 1 terbentuk model bangunan propolis menyerupai ros hitam, dan pada stup nomor 3 terbentuk model bangunan propolis menyerupai roti kopi yang sudah terbuka tutup atasnya.

Hasil pengamatan saya:
  • Jika ukuran tinggi kotak topping pendek sekitar 5 cm (seperti stup no. 10) akan terbentuk bangunan propolis yang ideal yakni bentuk tangkai anggur.
  • Jika ukuran tinggi kotak topping lebih tinggi dari 5 cm, misal 10-15 (seperti stup no. 1 dan 3) cenderung akan terbentuk bangunan propolis seperti ros hitam atau roti kopi.
  • Jika menginginkan brood cell terbentuk di kotak topping maka ukuran tinggi kotak topping harus lebih tinggi atau sama dengan 10 cm (seperti stup 3)
  • Bentuk bangunan propolis seperti ros hitam atau roti kopi bisa juga disebabkan keadaan koloni trigona yang merasa tidak nyaman atau terancam
bentuk_propolis




 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...